Kamis, 07 November 2013

Manfaat Vegetarian Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Vegetarian Untuk Kesehatan Tubuh
BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar belakang masalah

Dijaman modern seperti saat ini setiap orang menginginkan kehidupan yang berbahagia dan tidak mengharapkan penderitaan. Akan tetapi masih cukup banyak orang yang menyatakan kurang bahagia karena salah paham antar individu dan selain itu juga masih banyak orang-orang yang tidak puas dengan apa yang dimilikinya karena masih banyaknya keinginan-keinginan yang belum terpenuhi.
Kebahagiaan merupakan harapan dan dambaan setiap manusia atau setiap orang, kita bisa melihat dari jaman yang modern seperti ini manusia disibukan dengan  aktivitas yang sangat  padat. Pada umumnya orang berpendapat bahwa dengan memiliki harta yang melimpah, kedudukan, nama baik dan bentuk lain yang berupa materi itu adalah hal yang menjamin untuk mendapatkan kebahagiaan. Akan tetapi dalam kenyataanya hal-hal tersebut malah semakin membuat batin semakin merosot dan moral manusia juga semakin merosot.
Sebenarnya kebahagiaan yang harus kita dapatkan dan ini juga merupkan wujud dari dambaan setiap orang adalah kesehatan. Kesehatan adalah faktor pendukung utama dalam kita melaksanakan aktivitas sehari-hari, seperti bekerja dan masih banyak lainya. Apabila seseorang mempunyai kesehatan yang baik maka kebahagiaan akan dapat dirasakan meskipun tidak memiliki materi yang banyak atau harta yang melimpah. Banyak sekali pada saat ini banyak orang- yang kaya dan mempunyai banyak harta mereka hidup kurang tentram, kurang harmonis, dan mereka juga memiliki kesehatan yang kurang baik.
Dalam kehidupan seperti saat ini makanan adalah salah satu faktor pendukung bagai manusia untuk melakukan setiap aktivitas dan untuk kelangsungan hidup. Akan tetapi karena nafsu keinginan dan keserakahan mereka terlalu banyak maka mereka makan dengan memenuhi keinginan mulut saja bukan makan untuk memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh, apabila seseorang dapat memilih makanan yang sehat khususnya untuk tubuh maka setiap orang banyak yang terbebas dari penyakit yang kronis, bahkan banyak manusia yang panjang umur.
Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan cara vegetarian. Vegetarian adalah salah satu makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan,  biji-bijian, sayur-sayuran dan biji-bijian serta buah-buahan dengan kata lain makan yang tidak mengandung daging. Apabila dengan pola hidup sehat maka kesehatan badan jasmani  akan semakin baik sehingga setiap orang dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis mengambil judul “Manfaat vegetarian untuk kesehatan”



1.2  Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah dan uraian diatas maka dapat dikelompokkan sebagai berikut:
1.      Bagaimanakan cara pelaksanaan dengan pola hidup vegetarian?
2.      Bagaimanakah hubungan antara kesehatan dan vegetarian?

1.3  Tujuan
Sesuai dengan rumusan masalah yang telah diuraikan diatas dari kajian tentang “Manfaat vegetarian untuk kesehatan” maka tujuan yang ingin dicapai penuis dalam kajian ini adalah:
1.      Mendiskripsikan dan mengkaji pelaksanaan dengan pola hidup vegetarian.
2.      Mendiskripsikan dan mengkaji hubungan vegetarian dengan kesehatan.








BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Vegetarian
Menurut KBBI vegetarian adalah orang yang karena alasan keagamaan atau kesehatan, tidak makan daging tetapi makan sayuran dan hasil tumbuhan. (KBBI edisi III.2001 :1259) vegetarian merupakan sebutan dari orang yang hanya makan tumbuh-tumbuhan dan tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari maklhuk hidup seperti daging unggas dan ikan. Kata vegan berasal dari bahalatin yang berarti Vagetus berarti sehat, segar. Devinisi asli dari “Vegetarian” adalah dengan atau tanpa telur atau produk sejenisnya. Definisi ini masih dipakai hingga saat ini oleh Vegetarian Society. 
2.2 Sejarah Vegetarian
Sepanjang sejarah para pendukung vegetarian mengekspresikan kebencian mereka memakan daging binatang dengan melontarkan berbagai argumen moral dan spiritual. Beberapa penulis jaman dahulu seperti ovid dan plutarch menyesalkan pembunuhan makhluk yang tidak bersalah untuk dijadikan makanan. Plutarch mengatakan “saya pikir sungguh mengherankan apa yang mengakibatkan manusia ingin memakan daging bangkai atau apa motif dasarnya hingga bisa memiliki gagasan bahwa daging hewan bergisi untuk mereka.
Filsuf Yunani Pythagoras , yang hidup menjelang akhir abad ke-6 SM, berpendapat bahwa dengan memakan daging binatang maka jiwa manusia akan terkontaminasi dan menjadi liar. Itu sebabnya hingga pertengahan abad ke-19, vegetarian dikenal sebagai Pythagoreans,sedangkan penulis lain mengaitkan vegetarianisme dengan pencerahan spiritual seperti yang dikatakan oleh seorang vegetarian dari inggris pada abad ke-17 Thomas Tryon “dengan pembersihan diri alam terestrial akan membuka jendela indera kedalam jiwa” (whorton 1994). Menurut Geoffrry L. Rudd, mantan sekertaris  thebritsh vegetarian scociety pada tahun 1842 menyatakan bahwa asal mula kata vegetarian bukanlah berasal dari kata vegetables (sayuran) melainkan dari bahasa latin yakni vagetus yang berarti aktif, yang hidup, yang teguh, bergairah dan kuat. Pada tahun 1840 kata veget digunakan di inggris untuk mengatakan seorang yang sehat dan kuat, makanan jenis veget  adalah makanan yang berguna bagi kesehatan dan stamina tubuh yaitu makan tanpa daging.
2.3 Ragam Dan Jenis Vegetarian
Secara umum masyarakat mengenal vegetarian sebagai orang-orang yang pantang atau tidak makan, mengkonsumsi daging apapun yang berasal dari hewan baik yang ada didarat seperti ayam, sapi, kambing atau hewan yang berasal dari laut seperti ikan dan udang. Masyarakat awam hanya mengetahui bahwa vegetarian adalah orang-orang yang hanya mau makan tumbuh-tumbuhan. Ternyata tidak sesederhana itu. Masyarakat memang belum banyak yang mengetahui bahwa sebenarnya vegetarian terdiri dari berbagai macam, ragam dan varian namun dengan ciri khas yang yang utama yang hampir sama. Ada vegetarian yang tetap mengonsumsi daging tertentu atau hasi; dari hewan seperti susu bahkan ada juga vegetarian yang tidak mau memakan tumbuhan  dari jenis tertentu. Seperti pendapat Josep brotherton pada tahun 1847 vegetarian berasal dari kata latin yang artinya keseluruhan, sehat, segar, hidup. Vegetarian terdiri dari beberapa jenis yaitu:

1.      Vegan
Vegan adalah kelompok vegetarian murni. Sama sekali tidak mau mengonsumsi makanan  yang berasal dari hewan baik daging, telur dan susu. Vegan bahkan tidak mau menggunakan produk-produk yang berasal dari hewan sebagai percobaan/tester seperti kosmetik dan aksesoris  yang terbuat dari kulit. Hal tersebut dianggap hal yang kejam karena menyiksa hewan.
2.      Lacto Vegetarian
Lacto adalah vegetarian yang tidak mau memakan daging dari jenis hewan apapun namun masih mau mengonsumsi hasil dari hewan berupa susu dan olahan susu seperti yogurt dan mentega.
3.      Ovo Vegetarian
Sama seperti Lacto namun bedanya pengecualian yang boleh dikonsumsi adalah hasil dari hewan berupa telur.
4.      Lacto – Ovo Vegetarian
Vegetarian ini adalah gabungan dari Lacto dan Ovo yaitu pengecualian adalah masih mau mengkonsumsi telur dan susu.
5.      Pesco Vegetarian
Vegetarian yang tidak makan daging, telur dan susu kecuali daging ikan.
6.      Pollo Vegetarian (flexitarian)
Vegetarian yang pada momen-momen tertentu tidak menolak mengkonsumsi daging, telur dan susu.
7.      Fluctarian Vegetarian
Vegetarian yang bukan saja anti terhadap daging, susu dan telur, tapi juga tidak mau makan lobak karena dengan alasan tanaman jenis ini langsung mati ketika dipanen/dipetik sehingga menganggap kekejaman bila memanenya.
8.      Semi Vegetarian
Vegetarian yang tidak mau memakan daging yang berwarna merah, namun masih mau memakan daging unggas.
9.      Frutarian
Vegetarian yang hanya mau mengkonsumsi buah-buahan, kacang-kacangan dan tanaman yang lain yang dipanen tanpa merusak atau merugikan tanaman itu sendiri seperti menjadi meranggas atau mati.
10.  Raw Foodist
Vegetarian jenis ini hanya mengkonsumsi makanan yang dimasak dengan suhu tinggi atau sekitar 46 derajat celsius atau malah tidak perlu dimasak. Mereka meyakini bahwa makanan yang diolah dengan suhu tinggi akan melenyapkan enzim makanan yang bermanfaat bagi tubuh. Bagi mereka makanan yang dimasak dengan suhu tinggi tertentu dapat berbahaya bagi tubuh manusia. Arturi Vertanen adalah ahli bio kimian asal finlandia yang mengenalkan istilah Raw Ffoodist. Ia menemukan bahwa makanan yang belum dimasak akan mengeluarkan enzim saat dikunyah oleh mulut. Enzim tersebutakan membantu enzim yang ada dalam tubuh dalam mencerna makanan.

Setelah tau beragam macam jenis Vegetarian  maka tidak perlu heran lagi jika suatu saat sedang makan bersama mereka, ada yang masih makan telur, daging atau minum susu dan mengkonsumsi berbagai olahan yang diproduksi dari hewan seperti yogurt, keju dan sebagainya. Hal itu sah-sah saja dengan pilihan mereka masing-masing untuk menjadi Vegetarian yang seperti apa. Oleh karena itu seringkali restourant/rumah makan yang Vegetarian tidak hanya menyajikan menu Vegetarian, kita tetap bisa menikmati makanan seperti pada umumnya, namun tentu saja ada yang tidak mereka sediakan seperti daging sapi atau daging kambing.
2.4 Manfaat Vegetarian
            Pada tahun 1961 majalah Journal Of American Medical Assocition menyatakan bahwa pola makan Vegetarian bisa mencegah penyumbatan urat nadi jantung hingga 97% menurut Rita Butram PhD kepala bidang makanan dan kangker dari lembaga kangker nasional (NCI) Amerika Serikat 35% - 40% dri semua kematian karena kangker ada kaitanya dengan makanan. Dengan mengikuti prinsip-prinsip makanan sehat yang telah dipilih, yakni vegetarian, Anda bisa mendapatkan kesehatan yang sebaik-baiknya, karena bisa mencegah penyakit dan meningkatkan kekuatan. Hidup sehat dengan cara vegetarian merupakan panutan yang perlu diikuti, baik secara sadar maupun tidak. Prinsip-prinsip hidup sehat ini sebenarnya berasal dari tradisi kuno berupa kehidupan yang sederhana, penyembuhan secara alami, serta komitmen total untuk menjaga dan mempertahankan lingkungan yang sehat.
Pola hidup vegetarian dijalani dengan keyakinan bahwa cara hidup, cara makan, dan cara minum seluruhnya harus secara total diintegrasikan ke alam, sinar matahari, udara, dan air. Gaya hidup vegetarian adalah pilihan yang sangat individual, yang jika diikuti secara benar dan proporsional tidak akan mengekang aktivitas atau mengurangi stamina. Untuk menjadi seorang vegetarian, kita harus mempunyai pendirian, " Menempuh jalan ini berarti menuju hidup lebih bahagia, lebih sehat, dan berumur panjang".
a.      Untuk Kesehatan Jatung
Para vegan mempunyai tingkat kolesterol jauh lebih rendah daripada para pemakan daging, dan penyakit jangtung kurang umum pada vegan. Alasanya sangat tidak sulit untuk ditemukan. Makanan vegan umumnya rendah koleasterol jenuh dan biasanya mengandung sedikit lemak atau tanpa lemak. Karena kolesterol hanya ditemukan dalam produk hewani seperti daging, susu, dan telur. Maka para vegan mengonsumsi makanan yang bebas koesterol.
Jeneis proteindalam pola makan nabati mungkin merupakan keuntungan lain yang penting. Banyak menunjukan bahwa mengganti protein hewani dengan protein nabati menurunkan kadar kolesterol darah-sekalipun jumlah dan jenis lemak didalam makanan tetap sama. Penelitian-penelitian itu menunjukkan bahwa pola makan nabati rendah lemak memiliki keunggulan yang jelas dibanding pola makan lainya.

b.      Menurunkan Tekanan Darah
Prevalensi (munculnya/terjadinya kasus) tekanan darah tinggi (hipertensi) di kalangan vegetarian adalah sekitar sepertiga sampai setengah dari non-vegetarian. Sebuah studi terhadap penganut Advent Hari Ketujuh yang berkulit putih menemukan hipertensi pada 22 % umat yang omnivora, tapi hanya 7% pada umat yang vegetarian. Di kalangan orang Amerika keturunan Afrika, prevalensinya 44% dari yang omnivora dan 18% dari yang vegetarian. Menganut pola makan vegetarian secara signifikan menurunkan tekanan darah baik untuk individu normal maupun yang menderita hipertensi.
c.      Tingkat Kolesterol Lebih Rendah
Pola makan vegetarian mengurangi tingkat serum kolesterol jauh lebih besar daripada yang dicapai oleh pola makan menurut Program Pendidikan Kolesterol Nasional Tahap Dua (National Cholesterol Education Program Step Two). Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam The Lancet , total kolesterol mereka yang mengikuti pola makan vegetarian selama 12 bulan menurun hingga 24,3 %.
d.      Tingkat Kolesterol Untuk para Vegetarian Adalah 25 – 50% dibawah rata-rata populasi
bahkan dalam studi dengan kendali merokok, indeks massa tubuh, dan status sosial ekonomi. Sebuah studi menemukan bahwa orang-orang yang setiap hari mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran dalam jumlah banyak mempunyai tingkat yang lebih rendah untuk terserang kanker paru-paru, payudara, usus besar, kandung kemih, lambung, mulut, tenggorokan, kerongkongan, pankreas, dan leher rahim dibandingkan orang-orang yang menghindari makanan tersebut.
Buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung antioksidan, seperti vitamin C, vitamin E, dan karotenoid, yang melindungi sel-sel dari kerusakan akibat oksidasi, yang terkait dengan risiko terkena kanker dan masalah kesehatan 
lainnya.Banyaknya fitokimia yang ditemukan dalam berbagai buah-buahan, sayur-sayuran, padi-padian, legum, dan kacang-kacangan diyakini dapat melindungi kita dari penyakit jantung dan kanker.


e.     Terhindar dari kegemukan dan kanker
Kegemukan adalah penyebab utama dari banyak penyakit serius, dan lebih sedikit menimpa para vegetarian dibandingkan populasi umum. Para vegetarian, secara rata-rata, sekitar 10% lebih langsing dibandingkan para omnivora. Pola makan nabati dapat memperlambat waktu dalam mendapatkan menstruasi pertama, yang mana berhubungan dengan pengurangan risiko terkena kanker payudara dalam studi epidemiologi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar